Cara Menyimpan ASI Agar Lebih Awet

Cara menyimpan ASI biasanya ingin diketahui oleh para ibu yang juga merangkap wanita karir. Bagi wanita karir, setelah usai masa cuti melahirkan, pasti harus kembali ke pekerjaan dan meninggalkan buah hati di rumah. Sebagai seorang ibu, tentunya tidak bisa begitu saja meninggalkan bayi bersama pengasuh tanpa menyediakan stok ASI yang cukup. Karena itulah ada banyak hal yang perlu diketahui oleh ibu-ibu yang baru melahirkan tentang bagaimana cara menyimpan ASI. Fungsinya tentu agar ASI yang banyak diproduksi tidak terbuang percuma dan kebutuhan ASI untuk bayi terpenuhi. Lalu sering muncul pertanyaan-pertanyaan, bagaimana cara menyimpan ASI, berapa lama bisa disimpan, bagaimana penyimpanan yang benar, dan apakah tidak beracun jika ASI tidak langsung dikonsumsi bayi?

Berikut ini akan dijelaskan secara singkat tentang cara menyimpan ASI yang benar agar bisa dikonsumsi bayi anda. Dalam persiapan memerah ASI, pastikan anda berada di waktu saat payudara dalam keadaan penuh. Umumnya pada pagi dan sore hari. Perhatikan juga peralatan yang digunakan saat akan memerah ASI harus benar-benar bersih dan steril. Bersihkan breast-pump segera setelah digunakan dan bersihkan kembali saat akan digunakan. Cuci tangan anda dengan sabun dan bilas payudara dengan air. Kondisi tempat memerah ASI juga harus dalam suasana tenang. Saat memerah dan menyimpan ASI, pilih botol yang sudah disterilkan dan terbuat dari kaca bening. Bubuhkan label berisi tanggal dan waktu kapan anda memompa ASI untuk menghitung masa kadaluwarsa. Cara menyimpan ASI tahap awal ini sudah menjadi standar yang perlu dilakukan.

Setelah ASI tertampung, kini bagaimana cara menyimpan ASI agar tetap awet hingga anda sampai di rumah dan bisa dikonsumsi bayi atau disimpan untuk waktu yang lebih lama? Jika anda bekerja di ruangan yang tidak ber-AC, masa waktu ASI anda tidak lebih dari 4 jam sebelum terurai. Jika hanya disimpan di ruang ber-AC, bisa sampai 6 jam. Untuk lebih awet lagi, cara menyimpan ASI yang terbaik tentu di dalam lemari es. Untuk lemari es dengan suhu 0-4 derajat Celsius, ASI anda bisa awet dalam waktu 2-3 hari. Untuk di dalam freezer, ASI anda bisa dalam keadaan baik dalam waktu dalam 2 minggu. Jika ingin lebih lama lagi, cara menyimpan ASI tentu bisa dilakukan dalam freezer khusus dengan suhu -19 derajat Celsius, yang bisa bertahan hingga 6 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>